Apa aja macam-macam Ornamen

 

Pengertian Ornamen adalah Ornamen berasal dari bahasa latin ornare yang memiliki arti menghiasi. Ornamen adalah komponen dari suatu seni yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan.

Beberapa fungsi ornamen diuraikan sebagai berikut :

Sebagai ragam hias murni adalah bentuk-bentuk ragam hias yang dibuat hanya untuk menghias saja demi keindahan suatu bentuk (benda ) atau bangunan, dimana ornamen tersebut ditempatkan. 

Contoh penerapan ornamen sebagai ragam hias:

Arsitektur bangunan

Pakaian (batik)

Alat transportasi

Sebagai ragam hias simbolis adalah maksudnya karya ornamen memiliki nilai simbolis tertentu di dalamnya, menurut norma-norma tertentu seperti adat dan agama tertentu. Bentuk dan motif penempatannya sangat ditentukan oleh norma-norma tersebut.  

Contoh ornamen sebagai raga hias simbolis:

Motif kaligrafi

Motif pohon hayat sebagai lambang kehidupan

Motif burung Phoenix sebagai lambang keabadian.

Macam-macam ornamen

1. Anyaman

Anyaman menjadi ornamen dinding rumah yang terbilang unik. Berbeda dengan jenis hiasan dan ornamen lain, anyaman memang belum banyak digunakan.

Meski terbukti menggunakan anyaman akan menjadi sebuah sentuhan manis tersendiri dalam estetik rumah.

Anyaman yang digunakan sebagai dekorasi dan ornamen dinding kerap kali buatan sendiri atau handmade Sehingga menambah sentuhan sentimental pada dekorasi rumah.

2. Lampu

Lampu memang tak begitu sering digunakan sebagai ornamen pada dinding kamar. Meski beberapa tahun terakhir, tren ini berubah.

Lampu tak hanya sekedar digantung dari langit-langit ruangan atau pun diletakan di meja dan lantai. Lampu juga saat ini menjadi ornamen serta hiasan cantik untuk dinding ruangan. 

Ini memang keunggulan lain menggunakan lampu sebagai ornamen. Selain hiasan, lampu juga memiliki fungsi ketika digunakan dalam ruangan.

3. Pigura foto

Selain cermin, ornamen dinding rumah lain yang wajar dan sering digunakan merupakan pigura foto. Pigura foto kerap kali digunakan sebagai fungsinya, sebagai tempat memajang foto di dinding.

Untuk mempercantik rumah, pigura foto kerap kali digunakan sebagai ornamen. Peletakan dan pengaturan pigura yang tepat akan menghadirkan tampilan yang berbeda pula.

Pigura foto kerap kali digunakan sebagai hiasan dengan menempelkan sepanjang dinding di tangga, misalnya. Selain itu pengaturan pigura dengan satu warna yang sama dan ukuran berbeda juga menghadirkan kesan ruangan lebih elegan.

Rizqitajaya Karawang adalah Distributor Plafon PVC di Karawang dan Sekitarnya

Rizqitajaya Karawang adalah Distributor Plafon PVC di Karawang dan Sekitarnya, yang menyediakan berbagai macam Plafon PVC dengan harga terjangkau. Kami menyediakan berbagai macam Plafon PVC dengan harga terjangkau. Kami juga menyediakan fasilitas pemasangan untuk memudahkan Anda dalam memilih dan menginstal Plafon PVC.